Minggu, 03 Oktober 2010


Tips Jaga Kesehatan Kulkas



Eiit.. ini bukan tentang bagaimana membersihkan kulkas, tapi bagaimana membuat kulkas tetap sehat dan terawat.

 - Kulkas tidak sama dengan lemari penyimpanan, namun banyak orang masih memperlakukannya sama saja. Oleh karena kulkas bisa menyimpan suatu barang hingga waktu yang lama, kita sering lupa apa saja isinya dan terus memasukkan barang-barang baru hingga kulkas penuh. Padahal, kulkas tidak hanya bisa rusak namun juga bisa menjadi tidak sehat. Kulkas yang tidak sehat tentunya juga membuat bahan makanan yang kita simpan di dalamnya menjadi diragukan juga kesehatannya.

Keadaan yang membuat kulkas tidak sehat adalah suhunya yang tidak optimal lagi, bau tidak sedap dan timbulnya jamur pada bahan yang disimpan di dalamnya. Tiga hal itu dapat menyebabkan makanan yang kita simpan mudah busuk karena suhu yang tidak memenuhi dan juga karena dihinggapi jamur yang sudah bercokol di dalam kulkas. Tentu Anda tidak ingin bahan-bahan makanan rusak begitu saja, hindari keadaan tersebut dengan tips berikut ini.

1. Periksa kulkas Anda secara rutin dari barang-barang yang berjamur, rusak dan berbau tidak sedap. Segera singkirkan dari dalam kulkas jika menemukannya.

2. Jangan mengisi kulkas sampai penuh sesak, karena udara di dalam kulkas juga butuh sirkulasi yang memadai. Selain itu semakin penuh isinya, suhunya semakin tidak bisa optimal dan dibutuhkan tenaga yang lebih besar untuk mendinginkan semuanya. Jadi tidak hemat listrik bukan?

3. Perhatikan petunjuk penyimpanan untuk setiap bahan makanan. Jika ada yang mengharuskan suhu di bawah 4oC, maka sayur-sayuran sebaiknya dipisahkan karena sayuran tidak tahan pada suhu yang terlalu dingin.

4. Jagalah kerapian kulkas agar tidak terjadi tumpahan dan kesulitan saat mencari barang. Tempatkan barang-barang yang sudah lama disimpan di barisan depan agar terlihat oleh Anda dan bisa segera digunakan.

5. Simpan daging dan seafood mentah di bagian bawah sendiri atau di laci kulkas yang terpisah untuk menghindari tetesan air dari daging dan seafood mencemari bahan makanan lain. Air tetesan dari bahan mentah ini bisa membawa bakteri E.coli dan salmonella yang bisa menyebabkan gangguan perut pada manusia.

6. Untuk makanan-makanan yang terbuka seperti minuman dalam gelas, puding, potongan buah dan lainnya, pastikan menutupnya dengan plastic wrap atau wadah plastik tertutup untuk menghindari cemaran dari bahan lain saat disimpan di dalam kulkas.

7. Segera bersihkan jika ada genangan air di dalam kulkas. Walaupun bersuhu rendah, di dalam kulkas masih memungkinkan tumbuhnya bakteri dan jamur yang dipicu dari keadaan kotor.

8. Tidak hanya dalam kulkas, Anda juga harus membersihkan pintu dan pegangan kulkas agar tetap bersih karena Anda selalu menyentuhnya sebelum memasukkan tangan ke dalam kulkas dan menyentuh bahan-bahan makanan. Kotoran dan bakteri sangat mudah berpindah melalui tangan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar